Damkar Kota Batu Edukasi Murid TK Yaa Bunayya Tentang Profesi Pemadam Kebakaran

Keseruan siswa-siswi TK YAA BUNAYYA

BATU (jurnalsidoarjo.com) – Kantor Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Batu, Jawa Timur dikunjungi rombongan siswa-siswi KB TK YAA BUNAYYA. Kedatangan Puluhan Siswa Taman Kanak-kanak yang terletak di Jalan Cemara Intan, Kampung Ladu Didomulyo, Batu ini untuk belajar serta mengetahui seluk beluk terkait dunia kerja Pemadam Kebakaran, Rabu (15/03).

Kedatangan siswa-siswi TK YAA BUNAYYA disambut Kepala Dinas Pemadam Kota Batu, Supriyanto.ST. MM beserta jajaran Damkar Kota Batu. Selama kunjungan itu, para siswa mendapat penjelasan mengenai bahaya bermain api. Selain itu para siswa juga mendapat sosialiasai bagaimana gambaran dan tugas pokok kerja petugas Damkar saat memadamkan api ketika kebakaran terjadi.

Keseruan siswa-siswi TK YAA BUNAYYA

“Para siswa kami beri pemahaman bahaya dan dampak jika bermain apik, selain mengakibatkan kebakaran bermain api juga membahayakan diri mereka sendiri,” kata Supriyanto.

“Termasuk dikenalkan fungsi tangki mobil pemadam kebakaran sebagai penyimpanan air, selang pemadam sebagai tempat keluarnya air untuk memadamkan api dan lainnya,” imbuhnya.

Selain itu, para siswa juga kami beri pengetahuan bagaimana mereka atau apa yang harus dilakukan ketika terjadi kebakaran.

“Kami beri edukasi, jika terjadi kebakaran anak-anak ini harus berlindung kemana, menyelamatkan diri kemana,” ungkapnya.

Supriyanto berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dini bagi anak-anak terkait tugas dan fungsi dari pemadam kebakaran.

“Kami (Damkar Kota Batu red) apa yang kita edukasi hari ini dapat menjadi pelajaran bagi para siswa. Damkar Kota Batu juga terbuka bagi para siswa untuk belajar bagaimana dunia kerja damkar dalam memadamkan api,” sambung Supriyanto.

Sementara itu Kepala Sekolah KB TK YAA BUNAYYA, Maria Fitri Rahayu mengungkapkan jika kegiatan belajar lapangan para siswa ke Damkar Kota Batu ini bertujuan untuk edukasi sejak dini terkait kerja pemadam kebakaran dalam memadamkan api serta edukasi bahaya jika bermain api dan yang terpenting adalah anak-anak paham bagaimana proses menyelamatkan diri, berlindung kemana, evakuasi diri kemana jika terjadi kebakaran.

“Jadi anak anak tidak hanya mendapat materi pembelajaran di sekolah tapi juga bisa melihat secara langsung belajar diluar sekolah, salah satunya di Damkar Kota Batu ini,” kata Maria Fitri.

Kunjungan ke Damkar Kota Batu ini, Imbuh Maria Fitri dalam rangka mengenalkan sejak dini kepada para anak didiknya profesi petugas pemadam kebakaran, sekaligus tahu bahaya dari kebakaran.

“Para Siswa mendapat ilmu dengan langsung diedukasi oleh Damkar Kota Batu yang di pimpin Pak Kadis, Supriyanto. Semoga ilmu dan pengalaman baru dari Damkar Kota Batu ini bermanfaat bagi para Siswa kami,” pungkasnya. (E1)