SMAMDA Bagikan Zakat dan 202 Parcel Lebaran

SIDOARJO (jurnalsidoarjo.com) – Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 Sidoarjo (SMAMDA) menjelang lebaran membagikan zakat fitrah dan zakat mal atau zakat lembaga kepada warga sekitar, selain membagikan zakat SMAMDA juga membagikan 202 paket parcel lebaran kepada warga sekitar sekolahan.

“Menyapa dan Berbagi” Menjadi tema kegiatan bakti sosial yang dananya berasal dari zakat mal lembaga dan zakat fitrah siswa-siswi SMAMDA yang setiap tahun disalurkan ke warga. Dalam kesempatan tersebut warga juga diajak buka puasa bersama dengan para guru SMAMDA.

“Tahun ini, total dana zakat mal lembaga yang terkumpul sebanyak 160 juta rupiah, dana tersebut berasal dari lembaga, dana tersebut kita salurkan kepada 7 asnaf (golongan) yang berhak menerima zakat diantaranya keluarga yang tergolong fakir, miskin, yatim piatu, amil, sabililah, ghorim dan ibnu sabil”, kata Wigati Ningsih Kepala Sekolah SMAMDA, Rabu, (29/5) di Aula SMAMDA.

Selain disalurkan ke 7 asnaf, juga disalurkan kepada panti asuhan Muhammadiyah dan untuk bantuan pembangunan tempat ibadah, tambah Wigati. Masyarakat sekitar juga menikmati buka puasa bersama yang disediakan pihak sekolah.

Wigati menambahkan, sebagai bentuk silatirahim dan menjaga hubungan yang lebih baik lagi dengan masyarakat sekitar sekolah, lewat program bina lingkungan anak SMAMDA sering dilibatkan dalam urusan lingkungan kemasyarakatan, seperti terlibat kerja bhakti dengan warga dan pembangunan masjid.

“Jumlah siswa kita saat ini sudah 1400 anak, tiap anak mengeluarkan zakat beras 2,7 kg tiap siswa atau uang sebesar Rp. 30.000,-, semuanya kita kumpulkan jadi satu dan kita salurkan ke warga sekitar sekolah melalui program menyapa dan berbagi yang rutin kita selenggarakan tiap tahun”, kata Wigati.

Program menyapa dan berbagi menfaatnya sangat dirasakan oleh warga yang menerima, salah satunya adalah Musta’in (40). Setiap tahun Mustain mengaku menerima manfaat dari program berbagi, ia bersama warga lainnya juga ikut berbuka puasa bersama yang disediakan panitia.

“Alhamdulillah, tadi dapat sembako beras dan parcel kue untuk lebaran semoga program berbagi ini tiap tahun dilakukan dan penerima manfaatnya bertambah banyak lagi”, ujar Musta’in. (IR)