PSBB Surabaya Raya Tahap III Mulai 26 Mei hingga 8 Juni

SURABAYA (jurnalsidoarjo.com) – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik diperpanjang lagi. Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono, memastikan penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di wilayah Surabaya Raya diperpanjang pada tahap III. Penerapannya tetap dilakukan di wilayah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik dan akan dimulai pada tanggal 26 Mei hingga 8 Juni 2020 dan dapat diperpanjang kembali.

PSBB Surabaya Raya Jilid 3 sudah ditetapkan melalui Kepgub Nomor 188.258/013/KPTS/2020 tentang Perpanjangan PSBB untuk penanganan COVID-19 di Surabaya Raya. Memutuskan perpanjangan PSBB ke-2 selama 14 hari dari 26 Mei sampai 8 Juni 2020.

“Gubernur menunjuk Wali Kota Surabaya, Bupati Sidoarjo, dan Bupati Gresik sebagai penanggungjawab operasional pelaksanaan PSBB di wilayahnya masing-masing,” ujar Heru dalam Live Streaming Konferensi Pers Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jawa Timur, Senin (25/05).

Dalam surat Keputusan Gubernur Jawa Timur tersebut juga dijelaskan bahwa selama pelaksanaan PSBB jilid ketiga tersebut, Wali Kota Surabaya, Bupati Sidoarjo, dan Bupati Gresik harus melibatkan berbagai unsur masyarakat dan lebih ketat dalam pelaksanaan protokol kesehatan di berbagai kegiatan.

Apabila sumber daya manusia, peralatan, dan logistik untuk operasional pelaksanaan PSBB tidak tersedia atau tidak memadai, Pemerintah Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan/atau Kabupaten Gresik dapat meminta bantuan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota lain yang terdekat, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan/atau instansi lain.

Gubernur Jatim juga membebankan biaya pelaksanaan penanggulangan Covid-19 serta pengerahan dan mobilisasi sumber daya manusia, peralatan, dan logistik pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/Kota masing-masing. (E1)