Pimpinan DPRD Sidoarjo Akhirnya Resmi Dilantik

SIDOARJO (jurnalsidoarjo.com) – Pimpinan DPRD Sidoarjo akhirnya resmi dilantik. Pimpinan DPRD Sidoarjo periode 2019-2024 itu diambil sumpahnya dalam rapat paripurna yang digelar, di Gedung DPRD, Jumat, (20/9/2019).

Dalam pengambilan sumpah itu, Kepala Pengadilan Negeri Sidoarjo, Dr. Yapi, S.H., M.H memandu pengambilan sumpah. Keempat pimpinan itu, H Usman sebagai ketua DPRD Sidoarjo dari PKB, sedangkan ketiga wakil pimpinan DPRD diantaranya Bambang Riyoko dari partai PDIP, Kayan dari partai Gerindra dan Emir Firdaus dari partai Partai Amanat Nasional (PAN).

“Hal yang paling utama yang telah kami lakukan adalah membentuk fraksi,” katanya Ketua DPRD Sidoarjo, Usman.

Dalam pengambilan sumpah tersebut, nampak pula serah terima palu dari pimpinan DPRD Sidoarjo sementara kepada pimpinan DPRD Sidoarjo yang telah resmi dambil sumpahnya. Setelah paripurna pengambilan sumpah selesai dilakukan, kemudian dilanjutkan dengan pengumuman fraksi-fraksi.

Lebih lanjut Usman mengatakan, dari fraksi itulah yang nantinya akan menindaklanjuti dalam pembangian anggotanya pada masing-masing alat kelengkapan dewan (AKD). Baik untuk masing-masing komisi, badan anggaran (Banggar) badan musyawarah (Banmus) badan pembentukan peraturan daerah (Bapemperda) hingga badan kehormatan (BK).

” Yang paling mendesak kami akan melakukan komunikasi dengan provinsi agar raperda tatib yang sudah difinalisasi supaya segera turun,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menyampaikan, bahwa DPRD Sidoarjo merupakan salah satu mitra kerja pemerintah daerah. Terutama dalam menjalankan roda pemerintahan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

“DPRD merupakan lembaga yang berkedudukan sebagai unsur lembaga pemerintahan daerah, yang memiliki tanggung jawab yang sama dengan pemerintah daerah,” tukasnya. (IH)