Perpusnas Gelar Kegiatan Gemar Membaca di Sidoarjo

SIDOARJO – Demi terwujudnya program pengembangan perpustakaan nasional dan minat baca masyarakat. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melaksanakan gerakan “Gemar Membaca” bekerjasama dengan Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip, di Mal Pelayanan Publik (MPP), Selasa (9/4).

Darmadi Inspektur Perpusnas RI, mengatakan Pemkab Sidoarjo telah mendukung program pengembangan perpusnas dan gemar membaca, guna peningkatan kualitas sumber daya manusia. Ia berharap dengan kegiatan ini mampu menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap budaya lokal yang lebih dekat dengan buku.

“Perpustakaan secara umum itu untuk mewujudkan manusia yang cerdas, gemar membaca sepanjang hayat dan terus mewujudkan masyarakat gemar belajar,” terangnya.

Sementara itu, Nur Ahmad Syaifuddin Wakil Bupati Sidoarjo menyampaikan dengan adanya kegiatan ini sangat mendukung program prioritas nasional dan berupaya meningkatkan minat baca masyarakat.

“Pemkab Sidoarjo sangat mendukung perpustakaan sebagai program prioritas nasional,” ucapnya.

Menurutnya, perpustakaan Sidoarjo telah mempunyai 18 motor pintar perpustakaan yang melayani sekolah, desa, dan kelurahan di 18 Kecamatan. Perpustakaan Sidoarjo juga memiliki sarana edukasi dan rekreasi bioskop mini atau Bioskop Literasi Anak anak sekolah dan Masyarakat (Bolam).

“Yang bisa diakses oleh masyarakat dan anak anak sekolah secara gratis,” paparnya.

Lanjut cak Nur Panggilan Wakil Bupati Sidoarjo, semua ini, untuk program prioritas nasional, bahwa literasi menjadi alat bagaimana perpustakaan bisa menjadikan masyarakat lebih sejahtera. Dimana Perpustakaan ini menjadi urusan wajib bagi pemerintah daerah dalam mewujudkan pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional yang ke-4 tahun 2020-2024, yang menitik beratkan pada peningkatan SDM dan daya saing nasional.

“Pemkab Sidoarjo telah meningkatkan pengelolaan perpustakaan mulai dari peningkatan SDM dan kelembagaannya serta pendanaan yang mendanai yang dialokasikan pada APBD Kabupaten Sidoarjo,” tukasnya. (IH)