Pengurus Daerah HIMPAUDI Kab Sidoarjo mengadakan Workshop Dengan Tema “Pengelolaan Pembelajaran Bermuatan STEAM Dengan Media Loosepart” kerjasama dengan Penerbit Erlangga

SIDOARJO (jurnalsidoarjo.com) – HIMPAUDI (Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia) Kabupaten Sidoarjo menyelenggarakan Workshop Pengelolaan pembelajaran bermuatan STEAM dengan media Loosepart kepada semua Guru PAUD dari 18 Kecamatan se Kabupaten Sidoarjo, bertempat di Hotel Edotel Kecamatan Buduran, Senin (22/11).

Pembukaan dengan protokol kesehatan berjalan dengan lancar, turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo Dr.Tirto Adi, M.Pd selaku pembuka acara, Ketua Himpaudi Kabupaten Sidoarjo Chusnul Chotimah dan Ibu Suwarti Irfandi, M.Pd selaku Narasumber pada hari pertama kegiatan tersebut.

Dalam pembukaan workshop Ketua Panitia Herini Kuswardani, M.Pd menyampaikan bahwa dengan di adakan workshop ini kita bisa memberikan pembelajaran terhadap perserta, karena dengan era modern seperti ini pembelajaran sudah harus bermuatan STEAM dengan media berbasis Loosepart, memberikan bekal terhadap Guru tentang Pendekatan dalam pembelajaran, supaya lebih inovatif dan lebih ber kreativitas lagi agar perkembangan anak dapat tumbuh dengan optimal.

“Peserta yang terdaftar pada kegiatan Workshop mencapai 865 peserta, yang terbagi selama 7 hari kerja, pelaksanaan workshop mulai tanggal 22 sampai 29 November 2021, acara di buka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo”, tutur Herini Kuswardani selaku Ketua Panitia acara.

Pembelajaran bermuatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematics) merupakan pembelajaran yang menggunakan lima ilmu yakni pengetahuan, teknologi, teknik, seni dan matematika, secara menyeluruh dan berkaitan satu sama lain sebagai pola pemecahan masalah. Chusnul Chotimah selaku ketua HIMPAUDI menambahkan, di era abad 21 seperti saat ini para pendidik PAUD harus selalu Upgrade pengetahuan yang menyangkut 4 (empat) kompetensi guru, baik kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian maupun Sosial. Dalam hal ini penyelenggaraan workshop pembelajaran bermuatan STEAM dengan media loosepart bertujuan agar pendidik dapat menggali potensi peserta didik supaya dapat berpikir kritis tingkat tinggi atau HOTS (Higher Order Thinking Skill) dimana anak diberikan kesempatan kemerdekaan belajar dan dapat menemukan sendiri dalam pemecahan masalahnya.

“Saya berharap setelah di adakannya workshop seperti ini para pendidik PAUD lebih punya kreatifitas dalam merancang pembelajarannya, sudah waktunya pembelajaran berpusat pada anak, anak diberi kebebasan untuk merdeka belajar, menentukan sendiri kegiatan main yang minati untuk membangun daya piker HOTS anak. Pendidik juga harus mampu berpikir HOTS dalam merancang pembelajaran, agar pembelajran dan media ajar yang disajikan dapat bermakna bagi anak. ”tambah Ketua HIMPAUDI Kabupaten Sidoarjo Chusnul Chotimah di tempat acara.

Acara workshop HIMPAUDI di buka langsung oleh Dr.Tirto Adi, M.Pd selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, beliu menyemangati para Guru PAUD, supaya tetap semangat dan harus sabar dalam mendidik anak-anak yang baru mengenal membaca, menulis dan berhitung. Dari para guru PAUD lah awal anak didik bisa mengenal pendidikan selanjutnya. HIMPAUDI Kab. Sidoarjo dalam mensukseskan acara tersebut membangun kemitraan dengan Penerbit Erlangga.

“Saya memberikan motivasi kepada para Guru supaya lebih semangat mengajar, karena beliulah awal mula anak didik membangunkarakter, bisa membaca, menulis dan berhitung (Calistung). Atas inisiatif mereka sendiri acara ini di laksanakan, organisasi yang namanya HIMPAUDI ingin meningkatkan Kompetensi mereka, dengan membangun mitra dengan salah satu Penerbit”, jelasnya Dr. Tirto Adi.

Terselenggaranya acara workshop ini tak luput dari kerjasama antara HIMPAUDI dengan Penerbit Erlangga, agar kegiatan dapat terlaksana dan berjalan sesuai harapan. (LIK)