Normalisasi Sungai untuk Antisipasi Banjir

SEBELUM memasuki musim penghujan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo melakukan upaya mengantisipasi terjadinya genangan air dan banjir. Salah satunya melakukan normalisasi sungai dibeberapa titik rawan banjir.

“Ini kan memasuki musim hujan, bagaimana cara menanggulangi titik rawan banjir bisa segera ditangani,” kata Saiful Ilah Bupati Sidoarjo, saat rapat pengulangan banjir, di pendopo Delta Wibawa, Rabu (31/1).

Dijelaskan Abah Ipul, sapaan akrab Bupati Sidoarjo ini, untuk itu ia menekankan pentingnya normalisasi sungai dibeberapa titik rawan banjir. “Yaitu dengan segera melakukannya pengerukan sungai yang dangkal,” terangnya.

Dengan itu, pihaknu akan terus memantau proses normalisasi sungai, agar bisa dikerjakan dengan baik sebelum musim. Sehingga dalam normalisasi sungai ini bisa maksimal. “Kami pantau terus biar maksimal pada saat normalisasi sungai, guna dikerjakan sungguh sungguh,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan pihaknya melakukan kordinasi dengan sejumlah pihak untuk mengantisipasi terjadinya banjir pada musim penghujan. “Kami sekarang lebih awal kordinasi dalam penanganan dan antisipasi genangan air dan banjir di Sidoarjo,” terangnya.

Oleh kerena itu, penanganan akan dilakukan secara bertahap untuk mencegah terjadinya banjir pada musim penghujan. Diantaranya upaya penangan normalisasi sungai Buntung, sungai Ketapang. “Atas upaya ini dapat mengurangi terjadinya banjir dan genangan air,” pungkasnya. (IH)