Minarak Brantas Gas Beri Pengobatan Gratis pada Warga di Empat Desa

SIDOARJO (jurnalsidoarjo.com) – Minarak Brantas Gas mengadakan kegiatan pengobatan gratis pada warga selama dua hari di empat desa di Kecamatan Tanggulangin. Di antaranya pengobatan gratis ini dilakukan di Balai Desa Kalidawir, pada Rabu pagi hingga siang hari (31/7), dan Balai Desa Kedungbanteng pada Rabu siangnya hingga sore hari. Dilanjutkan Kamis pagi hingga siang (1/8) di Balai Desa Penatarsewu, dan di Balai Desa Banjarasri.

Kegiatan pengobatan gratis yang menurunkan belasan tenaga medis tersebut disambut antusias dari warga. Tercatat ada 640 warga dari empat desa yang datang berobat gratis. Pengobatan gratis yang diberikan ada berbagai macam, mulai dari pemeriksaan tensi darah, sakit gigi, diabetes dan sejumlah sakit lainnya. Bahkan juga ada pelayanan pemeriksaan ultrasonografi (USG) bagi ibu-ibu yang hamil.

Pemeriksaan USG ini merupakan upaya untuk memantau pertumbuhan janin. Pemeriksaan USG ini sangat disarankan untuk ibu hamil yang menderita diabetes, hipertensi, atau komplikasi medis lainnya.

Warga yang sudah diperiksa juga mendapatkan obat-obatan, sesuai dengan penyakit yang dikeluhkan.
Pengobatan gratis ini adalah salah satu bentuk program corporate social responsibility (CSR) Minarak Brantas Gas kepada warga di sekitar areal pengeboran gas. Kegiatan CSR ini didukung Bakrie Amanah dan tenaga medis dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Imroatul Mufarokah (45), warga Desa Kalidawir RT 8 mengucapkan terima kasih kepada Minarak Brantas Gas dan Bakrie Amanah atas diselenggarakannya pengobatan gratis. Menurutnya kegiatan ini sangat membantu kesehatan terutama kaum lansia dan juga ibu-ibu hamil.

“Semoga kegiatan pengobatan gratis bisa dilakukan lagi ke depannya, dan sukses selalu untuk Minarak Brantas Gas,” katanya Imroatul, Jumat (2/8).

Sementara itu, Public Relation Manager Minarak Brantas Gas Arief Setyo Widodo berharap, kegiatan ini bermanfaat untuk masyarakat khususnya lansia dan ibu hamil. Bahkan kegiatan seperti ini juga akan dilakukan setiap tahun dengan lokasi lebih luas di tempat-tempat lain.

“Ini sudah kewajiban kami dari Minarak Brantas Gas untuk menyalurkan sebagian CSR untuk masyarakat di areal operasi perusahan,” ujar Arief. (IH)