Manfaat Beras Merah

Beras merah adalah karbohidrat kompleks yang memiliki molekul gula dengan kandungan serat, vitamin, dan mineral yang lebih banyak dibandingkan beras putih. Beras merah baik dikonsumsi bagi para penderita diabetes karena kandungan glikemik yang rendah. Berikut manfaat detail beras merah, antara lain:

1. Alternatif Diet Terbaik
Pasalnya beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang tujuannya adalah sebagai energy supply dan dilakukan secara berkala pada tubuh manusia, sehingga perut tidak mudah terasa kosong dan lapar.

2. Mengobati Sakit Maag
Satu cara mengobati sakit maag adalah dengan rutin mengkonsumsi beras merah sebagai makanan pokok. Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi yang di percaya dapat mengurangi kadar asam lambung dalam tubuh.

3. Menjaga Tulang Tetap Kuat
Beras merah memiliki kandungan magnesium yang terkenal mampu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

4. Mencegah Sembelit atau Sulit Buang Air Besar (BAB)
Beras merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi 6 kali dari pada beras putih biasa, sehingga kandungan serat yang dihasilkan dapat mencegah Anda mengalami sembelit dan mencegah kanker usus.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah
Kadar kolesterol jahat dalam darah yang berlebih dapat menyebabkan berbagai macam penyakit khususnya yang sering terjadi adalah penyakit jantung dan stroke. Salah satu pencegahan dini penyakit jantung dan stroke adalah dengan mulai mengkonsumsi beras merah. (info)