Kunjungan Pertama di Jatim, Menpora Bahas Kemungkinan Moto GP Mandalika Pindah ke Jawa Timur

SURABAYA (jurnalsidoarjo.com) – Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali menyampaikan beberapa agenda kegiatan olahraga skala Internasional dalam kesempatan pengarahan atlet Jawa Timur, di Gedung Negara Grahadi Minggu (3/10) sore, yang juga dihadiri oleh Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur sebagai tuan rumah acara.

Dalam kesempatan tersebut, Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menyatakan tentang MotoGP 2021 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menpora di Kabinet Indonesia Maju itu mengatakan, belum ada kejelasan apakah MotoGP 2021 memang akan digelar di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. “Sampai sekarang belum jelas. Mandalika selama ini ngaku-ngaku aja, itu,” ujarnya.

Mantan Anggota DPR RI Fraksi Golkar dari Dapil Jawa Timur itu pun mengatakan, kalau memang Mandalika belum siap, dan Jawa Timur sudah lebih siap, kejuaraan dunia balap motor itu bisa saja pindah ke Jawa Timur. “Begitu, ya, Bu Gubernur? Jawa Timur bisa, ya?” Tanyanya.

Namun, kepada wartawan usai acara pengarahan kepada para atlet itu, Zainudin Amali justru mengaku mendengar rencana pindah lokasi Moto GP 2021 ini dari Khofifah Gubernur Jatim.

“Iya, tadi Bu Gubernur, kok, sepertinya akan pindah, ya. Tetapi saya belum berani menyatakan seperti itu,” ujarnya. “Karena Mandalika juga harus mempersiapkan diri. Tapi, sementara sih diputuskan Mandalika.”

Soal apakah Menpora sudah memiliki catatan khusus sehingga menyatakan ada kemungkinan Moto GP pindah ke Jawa Timur, Zainudin Amali mengaku belum ke lokasi sirkuit Mandalika.

“Saya belum ke sana, saya belum berani berkomentar soal Mandalika. Saya belum berani menyatakan ada pilihan lain. Kita tetap berpikiran Mandalika, tetapi kalau Jawa Timur bisa lebih siap, gitu, bisa juga,” ujarnya.

Mengenai lokasi di Jawa Timur yang berpotensi menjadi pengganti Mandalika sebagai lokasi Moto GP 2021, Menpora pun menjawab dengan singkat, “Enggak tahu, saya.”

Pernyataan Zainudin tentang Moto GP Mandalika itu dia sampaikan ketika menceritakan terpilihnya Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Dia ceritakan, bagaimana Joko Widodo Presiden sendiri yang menemui Gianni Infantino Presiden FIFA, supaya Indonesia jadi tuan rumah.

Terpilihnya Indonesia jadi tuan rumah, menurutnya adalah pencapaian yang luar biasa. “Kalau dipikir pakai logika biasa, ini sesuatu yang tidak akan mungkin terjadi,” katanya.

Sirkuit Mandalika sekarang memang masih proses pembangunan. Indonesia Tourism Development Corporation atau PT Pembangunan Pariwisata Indonesia, adalah BUMN yang sedang membangun sirkuit itu.

Sekarang, proses pembangunan sirkuit di kawasan ekonomi khusus itu baru 10 persen. Pada 2020 mendatang pengaspalan sirkuit itu diperkirakan tuntas dan akan dilakukan uji coba. Tidak hanya itu, ITDC mengklaim, akan ada penjualan awal (presale) tiket MotoGP 2021 dalam waktu dekat ini. (E1).