HUT LVRI Sidoarjo ke-63Gelar Tasyakuran Bersama


SIDOARJO (jurnalsidoarjo.com) – Dalam rangka memperingati HUT LVRI ke-63, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Sidoarjo menggelar acara syukuran bersama yang dilaksanakan di Aula SMPN 1 Sidoarjo, Kamis (16/01).


Hadir dalam acara tersebut Plt. Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. M. Iswan Nusi SH., Wakapolresta Sidoarjo AKBP M. Anggi Naulifar Siregar, Ketua DPD LVRI Jatim Brigjen TNI (Purn) Drs. Ismadi M,Si., Ketua FKUB Sidoarjo, perwakilan organisasi kepemudaan dan seluruh anggota veteran se Kabupaten yang tergabung dalam LVRI (Legium Veteran Republik Indonesia).


Dengan mengusung tema ‘Melalui Peringatan HUT ke-63, LVRI Memantapkan Upaya Pewarisan JSN ’45 dan Kesejahteraan Veteran’, Nasikun pun mengajak kepada generasi muda untuk melanjutkan perjuangan serta mengisi kemerdekaan Republik Indonesia. Tuturnya.


Ketua DPC LVRI kabupaten Sidoarjo, Ahmad Nasikun ‪membacakan sambutan tertulis Ketua Umum DPP LVRI Mayjen TNI (Purn) Saiful Sulun menyampaikan, tanpa terasa kita telah mengharungi perjalanan panjang hingga 63 tahun usia LVRI dalam suka dan duka.


‪Berbagai hambatan dan tantangan telah kita hadapi dengan penuh dinamika perjuangan. Organisasi LVRI yang dibentuk 2 Januari 1957 hingga saat ini masih eksis karena dedikasi tinggi serta diperkuat dengan beberapa Undang-Undang dan terakhir dengan Undang-Undang No 15 tahun 2012.


“Jangan pernah lelah mengabdi untuk negeri ini karena pengabdian Veteran adalah pengabdian tanpa batas. Kepada Pemerintah diharapkan tetap memberikan dorongan dan bantuan kepada LVRI dalam melaksanakan tugasnya sesuai pasal 19 Undang-Undang Nomor 15 tahun 2012 tentang Veteran Republik Indonesia,” harapnya.


Ketua DPD LVRI Jatim Brigjen TNI (Purn) Drs. Ismadi mengatakan bahwa, dengan semangat perjuangan yang tidak mengenal usia seperti yang dimiliki LVRI, hendaknya dapat dipakai sebagai pelopor bagi generasi penerus didalam mencapai tujuan nasional, yaitu kesejahteraan masyarakat secara utuh, yang mana, dalam mencapai kesejahteraan itu kita tentunya harus memberdayakan diri bagi seluruh lapisan masyarakat.


“LVRI Kabupaten Sidoarjo diharapkan tetap berada dalam kepeloporannya untuk membangun bangsa dan Negara dengan semangat yang tinggi sebagai insan pejuang yang bertekad mempertahankan NKRI dengan berdasarkan jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa, “ ucap Ismadi


Kemudian dalam kesempatan inipun, Plt. Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun LVRI yang ke-63. Jasa-jasa para veteran ini sangat luar biasa dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Bentuk perhatian yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo kepada para anggota LVRI belum seberapa jika dibandingkan dengan pengorbanan para veteran, baik jiwa raga maupun harta benda untuk Indonesia.


“Melalui semangat perjuangan tersebut hendaknya dapat dijadikan tauladan bagi generasi penerus dalam mencapai tujuan bangsa dan mengapresiasi para veteran, yang sejak dahulu telah saling bahu membahu berjuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan sebagai cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945,“ ujarnya.


Ia juga mengharapkan melalui momentum ini, kita tingkatkan jiwa nasionalisme di generasi muda yang akan meneruskan perjuangan para pahlawan, dan senantiasa tanamkan NKRI harga mati.Tegasnya.


Usai menyampaikan sambutan, dilanjutkan dengan penyerahan tali asih dua kursi roda dari Istri Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo Subandi kepada anggota LVRI Sidoarjo, selanjutnya acara pemotongan tumpeng oleh Plt. Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin didampingi , Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. M. Iswan Nusi, dan DPD LVRI Jatim Ismadi. (E1)