Hari ke Empat HIMPAUDI Kabupaten Sidoarjo Mengadakan Workshop STEAM Dengan Media Loosepart Di Dukung Penerbit Erlangga

SIDOARJO (jurnalsidoarjo.com) – Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kabupaten Sidoarjo Gelar Workshop bermuatan STEAM. Penerbit Erlangga menjadi Promotor terlaksananya Workshop, Kamis (25/11).

Ratih Nia Pangastuti, S.Pd. Aud mengatakan, STEAM sudah di bagi menjadi 5 huruf
muatan/materi pembelajaran yang terdiri.

S artinya SCIENCE yaitu kaitannya dengan perubahan dari tidak ada menjadi ada, uji coba, penemuan, hubungan sebab akibat dan sebagainya. TECHNOLOGY yaitu kaitannya dengan peralatan, segala sesuatu yang dapat dijadikan alat untuk dapat terjadinya sebuah proses atau kegiatan, mesin.

E artinya ENGINEERING kaitannya dengan berbagai macam cara atau proses, cara kerja, cara menggunakan.

A artinya ART kaitannya dengan keindahan, komposisi, tekstur, pola, irama, birama, musik.

M artinya MATHEMATICS kaitannya membandingkan, mengelompokkan, mengklasifikasikan, menimbang, mengurutkan, mengukur.

Ratih menjelaskan, Jadi STEAM itu bukan model atau metode Pembelajaran, bukan juga pendekatan. Sehingga ,Muatan STEAM bisa diterapkan pada pembelajaran dengan model apapun, baik itu sentra, area, atau bahkan kelompok dengan sudut pengaman.

Loose Parts adalah bahan main lepasan atau media yang dipergunakan anak untuk membuat karya sesuai imajinasinya yang dapat dipindahkan, digabungkan, didisain ulang, disejajarkan, dibongkar serta disatukan kembali melalui berbagai cara, dapat digunakan sendiri atau dikombinasikan dengan bahan lain, terbuat dari bahan alami atau sintetis.

Harapannya dengan adanya pembelajaran berbasis proyek dengan muatan STEAM ini guru lebih dapat memfasilitasi anak dengan memberikan berbagai pilihan main dengan berbagai media alat dan bahan main, sehingga merdeka belajar bisa terwujud dan anak menjadi terbiasa berpikir Tingkat Tinggi (HOTS atau High Order Thinking Skilla) terbiasa berpikir kritis dan memecahkan masalahnya sendiri.

Peserta yang hadir hari ini dari Kecamatan. Jabon, Wonoayu, Porong dan Tanggulangin.

“Seperti yang sudah disampaikan diawal adalah anak menjadi terfasilitasi merdeka belajarnya, terbiasa berpikir kritis dan terbiasa dalam proses pemecahan masalah, terbiasa utk berpikir tingkat tinggi, terbiasa menganalisa, mengevaluasi dan berkreasi. Anak tidak lg terkungkung dengan lembar kerja dan tugas2 dari guru tetapi anak diberikan kebebasan untuk bereksplorasi, berkreasi sesuai ide dan imajinasinya, sehingga mereka bisa belajar dengan bahagia dan terpenuhi kebutuhan belajar melalui bermain yang sesuai dengan usianya,” terang Ratih Nia Pangastuti, S.Pd. Selaku Narasumber.

Ari Supriyadi, selaku Asisten Manager Penerbit Erlangga mengatakan, “Ajaran usia 4+ ada di kurikulum Erlangga For Kids, 42 Ide aktivitas awal di paud yang berisikan ide-ide awal saat anak masuk paud, berisi macam kegiatan bermain sambil belajar, bermanfaat keterampilan dasar menanamkan nilai karakter anak, dilengkapi QR code berisi lagu -lagu untuk anak yang langsung di unduh di Smartphone”, Tutur Ari Supriyadi Asisten Manager Penerbit Erlangga. (Lik)