Gagalkan Penyelundupan Narkoba dari Luar Negeri

Dalam dua bulan terakhir, petugas Gabungan Bea Cukai Madya Pabean Juanda, Bea Cukai Jawa Timur, BPN Provinsi Jatim, POMAL Juanda, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan barang haram sebayak 10.792, 4 gram narkotika berbagai jenis.

Penyelundupan yang pertama Bea cukai Juanda mengamankan barang narkotika jenis ekstasi seberat 62, 4 gram dengan total 148 butir yang dimasukkan pada paket kiriman ke kantor pos yang berasal dari Jerman.

Pendindakan kedua, petugas mencurigai gerak gerik penumpang warga negara asing Wong Cong Hong (29), asal Malaysia dengan pesawat Air Asia (QS-321) rute Kuala Lumpur yang mendarat ke Bandara Internasional Juanda.

Lalu, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap tersangka didapati barang yang diduga narkoba dengan bentuk kristal putih yang disembunyikan pada bagian perut yang ditutupi menggunakan kain (Stagen) sebanyak 1.055 gram.

Penindakan ketiga, dengan modus yang hampir sama warga negara asing Cheah Koin Loong (42), asal Malaysia dan pesawat yang sama dan rute penerbangan Kuala lumpur dan mendarat di Juanda. Saat pemeriksaan ditemukan dua bungkus kristal putih dengan disembunyikan di bagian perut.

“Dari hasil uji laboratorium bea cukai BPIB Tipe B Surabaya kristal putih positif sabu jenis methamphemine, untuk tersangka diserahkan ke Direktorat Reserse Narkoba Polda Jatim untuk pengembangan lebih lanjut,” kata Budi Harjanto Kepala KPPBC Juanda, Kamis (14/12).

Tak hanya itu, patugas Bea Cukai Juanda bekerja sama dengan Satnarkoba Polresta Sidoarjo melakukan upaya pemeriksaan terhadap barang kiriman pos dan mendapati paket karton berasal dari Ethiopia berisi daun kering berwarna hijau yang diduga narkoba berat 9,140 gram.

“Setelah dilakukan pengembangan tim Bea cukai Juanda dan Satnarkoba Polresta Sidoarjo berhasil mengamankan AR selaku penerima barang, ia mengaku dapat dari temanya di Ethiopia,” tandasnya.

Sementara itu, AKBP Zain Dwi Nugroho Kapolresta Sidoarjorjo sangat mengapresiasi atas pengungkapan kasus narkoba yang relatif besar ini. Dan pihaknya akan terus melakukan pengembangan dan akan mengungkap pengedar narkoba.

“Ini bagian upaya mengungkap peredaran narkoba baik itu di jalur darat maupun udara, dan ini penting untuk saling kerja sama,” katanya singkat. (IH)