Fun Run Lusi Diikuti 3.245 Peserta

Sebanyak 3.245 pelari ramaikan lomba lari Lusi (Lumpur Sidoarjo) 10 K Minggu (30/9/2018). Rute lomba lari start dari Desa Besuki melintas di Tambak Kalisogo, Kupang, Jemirahan, Dukuhsari dan finish depan kantor Kecamatan Jabon.

Dalam lari Lusi ini dibagi tiga kategori. Yakni kategori umum diikuti sebanyak 1919 pelari, katagori pelajar 1232 peserta dan katagori atlet profesional 93 atlet. Kategori atlet ini diikuti pelari asing, dari Ethiopia, Tariku Demelash Abera dan pelari asal Kenya James Gikunga Karansa.

Hadir dalam acara itu, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah yang memberangkatkan lomba dengan didampingi Wakil Bupati H.Nur Ahmad Saifuddin di garis start jalan raya exit tol lama Desa Besuki Kecamatan Jabon.

Nampak pula hadir, jajaran Forkopimda Kabupaten Sidoarjo,
Dinasporapar Djoko Supriyadi, Ketua Koni Sidoarjo, Forkopimka Jabon, anggota DPRD Sidoaarjo, UPTD Puskesmas Jabon, Camat, beserta Kepala Desa, perangkat Desa se-kecamatan Jabon.

Bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah mengatakan, Lomba lari ini tidak di area lumpurnya melainkan dialokasikan pada jalan raya exit tol lama Desa Besuki Jabon. Lomba ini untuk memperingati Hornas Ke-35 Tahun 2018.

Lomba lari Lusi 10 K ini juga diikuti atlet dari beberapa negara seperti dari Kenya dan Ethiopia. “Mudah-mudahan anak-anak kita dapat menyamai prestasi para atlet dari luar negeri ini,” katanya.

Bupati Sidoarjo Saiful llah berharap peserta lomba bukan sekadar mencari hadiah. Melainkan terpenting adalah menjadikan olah raga ini sebagai media silaturahmi. Saling bertemu, saling bertatap muka, saling tukar pikiran dan pengalaman. “Lomba ini sekaligus mencari bakat, bibit-bibit baru atlet lari yang ada di Kabupaten Sidoarjo,” terangnya berharap.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk merangkul semua elemen masyarakat Sidoarjo dan mempromosikan pariwisata di Sidoarjo. Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari kalangan militer, polisi, pelajar dan masyarakat biasa.

Pak suprapto salah satu panitia acara mengungkapkan kegiatan ini dpt berlanjut di tahun tahun brikutnya dan go internasional.