Cara Sukses Public Relation Dengan Memanfaatkan Teknologi

BATU (jurnalsidoarjo.com) – Memasuki Era digital, menuntut para Public Relation (PR) harus jeli untuk membangun komunikasi dengan publik agar perusahaan bisa menjalankan semua kebijakan yang telah dibuat untuk kemajuan perusahaan.

Kegiatan yang digelar dengan tajuk “Key Success for Future of PR”. Akademika Fisip UPN Surabaya Dr. Catur Suratnoaji M.Si menyampaikan, di era digital, perusahaan banyak membangun citra perusahaannya melalui berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter atau yang lainnya.

“Seorang PR dituntut harus bisa merespon pendapat publik tentang keberhasilan perusahaannya melalui berbagai media sosial tersebut,” ungkap Catur Suratnoaji saat menjadi narasumber kegiatan workshop tentang big data analysis di Golden Tulip Resort Batu, Senin (25/10).

Disampaikan penulis buku Metode Riset Big Data itu, data yang telah terkumpul secara digital di berbagai media sosial harus dilakukan audit digital untuk mengukur keberhasilan perusahaan dalam membuat kebijakan publik.

“Auditor digital boleh dilakukan dari internal perusahaan maupun tim independen,” ujarnya.

Audit digital dilakukan oleh sebuah aplikasi yang dijalankan personal berdasarkan data dari publik yang dimasukkan, tanpa adanya intervensi dari pihak manapun.

“Keakuratannya sangat tinggi karena data yang dimasukkan berasal dari apa yang disampaikan oleh publik,” ucapnya.

Nah dari hasil audit digital inilah, pihak PR akan melakukan evaluasi terhadap kemajuan perusahaannya sekaligus menentukan kebijakan yang akan disampaikan ke publik.

“Harus ada metode riset untuk menentukan kebijakan yang akan dijalankan,” tegasnya.

Dirinya berharap, dengan mengikuti workshop, bisa menjadi pembelajaran bagi para PR dalam merespon suara publik untuk kemajuan perusahaannya. (CLS)