Bupati Lepas Ekspor Pakan Ternak Ayam Petelur ke Timor Leste

SIDOARJO (jurnalsidoarjo.com) – PT. Sinar Indochem mengekspor pakan ternak ayam jenis petelur ke Republik Demokratik Timor Leste. Jumlah pakan ternak yang dikirim sebanyak 200 Ton dengan nilai 2,1 milyar rupiah, Senin, (30/9/2019).

Kementerian Pertanian mengapresiasi atas langkah PT. Sinar Indochem yang telah menangkap peluang pasar internasional. Selain itu, Kementerian juga menyampaikan bahwa diantara jumlah perusahaan produksi pakan ternak di Indonesia yang sudah memiliki persyaratan dan sertifikasi produksi adalah PT. Sinar Indochem.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI yang diwakili Lindayati menyampaikan.

“Ada 87 perusahaan perusahaan pakan ternak, salah satunya adalah PT. Sinar Indochem yang sudah lulus uji sertifikasi produk ekspor,”ujarnya.

Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya, Musyafak menyampaikan bahwa Sidoarjo adalah kabupaten ekspor. Tren ekspor di Sidoarjo ada terus mengalami peningkatan .

“Dalam satu bulan ini saja sudah ada tiga perusahaan yang mengekspor produknya ke republik Timor Leste,” katanya.

Musyafak juga mengungkapkan alasannya, kenapa pertumbuhan ekonomi Sidoarjo terus mengalami kenaikan, salah satunya kata Musyafak adalah karena Kabupaten Sidoarjo sangat kondusif sehingga banyak investor yang menanamkan modalnya di Sidoarjo.

“Kondisi Sidoarjo sangat kondusif, sehingga iklim industri berkembang dengan baik. Salah satunya adalah nilai ekspor dari perusahaan yang ada di Sidoarjo tiap tahun terus mengalami kenaikan,” ujar nya.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah berharap kondisi Sidoarjo tetap dalam kondisi yang aman dan kondusif, terutama hubungan karyawan dengan pemilik perusahaan harus terjalin dengan baik.

“Bila karyawan dengan pemilik perusahaan hubungannya baik, harmonis maka akan berdampak sangat positif, nilai produksi dan kualitas produksi juga akan baik,” ujarnya.

Ia berharap, apa yang telah dilakukan oleh PT. Sinar Indochem dengan mengekspor produknya ke luar negeri, yakni Republik Demokratik Timor Leste juga akan di ikuti oleh perusahaan lainnya.

” PT. Sinar Indochem ini pandai menangkap peluang pasar. Bukan hanya pasar domestik saja namun juga pasar internasional,” pungkasnya. (IH)