BPBD Jatim Lakukan Penyemprotan Disinfektan Ponpes se Jember

JEMBER (jurnalsidoarjo.com) – Kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona terus dilakukan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim bersama Bakorwil Jember melakukan penyemprotan disinfektan di 35 pondok pesantren dan pemberian bantuan cash for work pada 750 warga terdampak di Jember.

Komandan Tim Penyemprotan Disinfektan BPBD Jatim, Erwin Indra Widjaja, Senin (23/03) mengatakan, sasaran kegiatan yang dilakukan tim BPBD bersama Bakorwil Jember adalah melakukan penyemprotan disinfektan di 35 pondok pesantren se wilayah Jember dan pemberian bantuan cash for work pada 750 warga terdampak covid 19 di Jember.

Sebanyak 50 personil akan diturunkan untuk penyemprotan pada Senin (23/03). Mereka terdiri dari tim BPBD Jatim, Tagana, BPBD Jember, Bakorwil Jember dan dibantu tim relawan. Dikatakan Erwin, penyemprotan dilakukan sesuai dengan perintah Gubernur Jawa Timur agar dilakukan penyemprotan desinfektan pada sejumlah tempat ibadah dan fasilitas umum untuk beberapa hari kedepan, guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Dalam melakukan penyemprotan, setiap personal memakai pakaian khusus, masker, dan sarung tangan. Dengan memakai APD (alat pelindung diri) lengkap, mereka akan menyisir satu per satu bagian mulai depan pondok pesantren hingga bagian dalam kantor.

Dikatakan Erwin, kegiatan ini dilakukan sebagai program preventif (pencegahan) sesuai arahan Gubernur Jawa Timur untuk rumah ibadah dan ponpes agar menjadi salah satu tempat prioritas yang mendapat perhatian khusus. “Pesan Ibu Gubernur, ayo kita secara guyub rukun dan gotong royong bersama untuk mengurangi berkembangnya virus corona,” ujarnya. (E1)