Bawaslu Sidoarjo Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu

SIDOARJO – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sidoarjo, menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif dalam rangka pemilihan calon anggota DPD, DPR dan DPRD serta pemilihan umum presiden dan wakil presiden tahun 2019.

“Sosialisasi ini dilaksanakan sebagai upaya mengajak keterlibatan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Sidoarjo untuk terlibat dalam rangka pengawasan jalannya proses pemilihan umum,” kata Haidar Munjid Ketua Bawaslu Sidoarjo, Kamis (22/11).

Ratusan perwakilan ASN, TNI, Polri dan kepala desa mendapatkan dihimbauan agar tidak terlibat langsung dalam politik praktis pemilihan DPR dan pemilihan presiden dan wakil presiden.

“Karena sudah terdapat undang-undang dan jika dilanggar, maka akan bisa dipidana,” ucapnya.

Haidar Munjid mengatakan, peran dari semua elemen masyarakat sangat diharapkan dalam rangka pengawasan jalannya proses pemilu. Dengan harapan proses demokrasi yang akan dilaksanakan berjalan sesuai dengan prinsip demokrasi, agar pemilu semakin berkualitas.

“Sosialisasi ini juga sebagai tindakan pencegahan dari terjadinya pelanggaran-pelanggaran pemilu di Sidoarjo, sehingga pemilu dapat dilaksanakan secara aman tertib, lancar dan damai,” imbuhnya.

Menurutnya, masyarakat bisa mengawasi penyelenggaraan pemilu, misalnya pada tahap pemuktahiran data, verifikasi faktual, jadi ketika ada informasi yang ingin disampaikan pada Bawaslu pada prinsipnya selalu terbuka.

“Bahwa ASN, TNI, Polri dan kepala desa untuk tidak terlibat langsung di dalam politik pemilihan DPR dan capres-cawapres 2019,” tukasnya.