21 Pejabat Fungsional BKKBN Jatim Dilantik Secara Virtual

SURABAYA (jurnalsidoarjo.com) – Sebanyak 21 pejabat fungsional di lingkungan kantor perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Jawa Timur, resmi dilantik. Pelantikan ini dilakukan secara virtual, dan serentak di seluruh wilayah.

Pelantikan yang dipimpin oleh Kepala BKKBN Hasto Wardoyo ini, berdasarkan keputusan Kepala BKKBN nomor 1823 tahun 2020 tentang pengangkatan pejabat administrasi ke dalam jabatan fungsional melalui mekanisme penyetaraan. Terdapat dua perubahan, yakni perubahan struktur atau sotk, diikuti dengan perubahan atau transformasi dari jabatan administrasi ke jabatan fungsional.

Kepala perwakilan BKKBN Jatim Drs Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd berharap dengan adanya penyederhanaan birokrasi ini produktivitas organisasi semakin baik ke depannya. “kita tentu berharap dengan adanya penyederhanaan birokrasi ini, produktivitas organisasi semakin baik, semakin lentur menyesuaikan dengan perkembangan zaman,” ungkap Sukaryo.

Pihaknya mengaku bahwa perlu untuk menyesuaikan dengan alam ke fungsional, sebab fungsional itu cirinya birokrasi yang mandiri namun produktif. “jadi, kalau misalnya dia tidak produktif, saya yakin kenaikan pangkat juga akan mengalami kesulitan,” imbuhnya saat ditemui usai acara.

Pejabat fungsional yang dilantik kali ini berjumlah 671 orang, baik yang ada di BKKBN Pusat maupun provinsi-provinsi di seluruh indonesia. Mereka terdiri dari pejabat ahli madya sebanyak 149 orang, dan pejabat fungsional ahli muda sebanyak 522 orang, dengan 19 jenis rumpun jabatan fungsional.

Dalam pelantikan turut hadir pula secara virtual Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahyo Kumolo. Menpan rb berpesan bahwa sebagai asn harus tegak lurus, taat kepada pimpinan, serta mengikuti kerja secara professional. (HUD)